Pentunjuk Penulis

Panduan Penulisan Jurnal Ta’limDiniyah

Fikri Farikhin1, Badrun Fawaidi2

1Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember | farihinfikri@gmail.com

2 Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember |badrunfawaidi@gmail.com

Abstrak

Panduan ini dibuat dengan tujuan membantu penulis mempersiapkan artikel ilmiah untuk diterbitkan di jurnal Ta’limDiniyah. Selain beberapa petunjuk mengenai cara penulisan artikel ilmiah, panduan ini juga menyajikan aturan-aturan spesifik yang harus dipenuhi agar sebuah artikel ilmiah dapat diterbitkan dalam jurnal ilmiah Ta’liDiniyah.

Penulisan abstrak dalam

Kata kunci: penulisan artikel ilmiah, jurnal ilmiah Ta’limDiniyah

PENDAHULUAN       

Panduan ini dibuat dengan tujuan untuk membantu penulis mempersiapkan publikasi ilmiah yang memenuhi persyaratan kelayakan untuk dimuat dalam jurnal Ta’limD

iniyah. Tulisan ini tidak akan berusaha memberikan petunjuk terperinci mengenai kandungan ilmiah artikel tersebut. Akan tetapi, diharapkan tulisan ini dapat membantu penulis menuangkan sebuah materi ilmiah ke dalam bentuk sebuah publikasi.

FORMATTING                

Panduan ini juga bersifat template untuk penulisan dengan menggunakan Microsoft Word. Untuk memastikan artikel anda sesuai dengan format penulisan Jurnal Ta’limDiniyah, disarankan anda mengetik langsung pada dokumen ini. Panduan ini juga akan menjelaskan secara rinci mengenai ukuran margin, ukuran dan jenis huruf untuk masing-masing bagian artikel.

Ukuran Kertas & Margin

Ukuran kertas yang digunakan pada Jurnal Ta’limDiniyah adalah A4. Ukuran margin yang digunakan pada Jurnal Ta’limDiniyah ditunjukkan pada Gambar 1.

Ukuran & Bentuk Huruf dan Spasi

Bentuk huruf yang digunakan pada Jurnal Ta’limDiniyah adalah Times New Roman. Untuk tulisan berbahasa Indonesia, istilah asing dicetak miring. Ukuran spasi yang dipakai adalah 1,5 spasi.

Persyaratan mengenai ukuran huruf yang berlaku pada Jurnal Ta’limDiniyah adalah sebagai berikut:

  1. Judul artikel ditulis dengan huruf kapital ukuran huruf 12 poin dan cetak tebal.
  2. Nama penulis ditulis tanpa gelar dengan ukuran huruf 11 poin.
  3. Informasi afiliasi penulis dan informasi kontak (e-mail, dan lain-lain) ditulis dengan ukuran huruf 10 poin.
  4. Judul Ringkasan (Abstract) ditulis dengan ukuran huruf 11 poin dan cetak tebal.
    1. Gunakan “Abstract” jika artikel ditulis menggunakan bahasa Inggris.
    2. Gunakan “Abstrak” jika artikel ditulis menggunakan bahasa Indonesia.
  5. Isi Abstrak ditulis dengan ukuran huruf 10 poin.
  6. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia
  7. Kata kunci/keywords ditulis setelah Abstrak dengan ukuran huruf 10 poin.
  8. Sub judul ditulis dengan ukuran huruf 12 poin dan cetak tebal.
  9. Teks artikel ditulis dengan ukuran huruf 12 poin dan rata kiri kanan.
  10. Jumlah halaman Artikel 18-20 Halaman
  11. Keterangan Gambar dan Tabel ditulis dengan ukuran huruf 11 poin dan centered. Contoh Penulisan keterangan Gambar dan Tabel dapat dilihat pada Gambar 1 dan Tabel 1.

Tabel 1. Contoh tabel

Judul

Judul Kolom

Sub Judul 1

Sub Judul 2

Sub Judul 3

Judul Baris

1

2

3

Penulisan Persamaan Matematis

Huruf yang dipakai untuk menuliskan persamaan adalah Times New Roman atau Cambria atau Symbol. Persamaan matematis dapat ditulis pada baris yang sama dalam teks (yaitu, secara in-line) seperti misalnya a2 + b2 = c2. Akan tetapi, cara yang lebih baik adalah menuliskan persamaan tersebut pada baris tersendiri, centered, dan diberi nomor dengan urut, misalnya persamaan sebagai berikut: Rujukan ke sebuah persamaan dituliskan misalnya sebagai berikut: Persamaan (1). Kata “Persamaan” diawali huruf kapital meskipun berada di tengah kalimat. Nomor persamaan diletakkan diantara tanda kurung.

KOMPONEN ARTIKEL

Dalam Jurnal Ta’limDiniyah, suatu artikel harus memiliki komponen sebagai berikut:

  1. Judul Artikel
  2. Nama, tempat kerja/instansi dan email penulis
  3. Abstrak dan kata kunci
  4. Pendahuluan
  5. Metode Penelitian
  6. Hasil dan Pembahasan
  7. Kesimpulan
  8. Daftar Pustaka

Abstrak menjelaskan secara ringkas pokok permasalahan yang akan diselesaikan serta gambaran hasil yang dicapai. Panjang maksimum yang diperkenankan dalam jurnal Ta’limDiniyah adalah 200 kata. Kata kunci dipilih sedemikian rupa sehingga kata-kata tersebut mampu secara cepat memberi petunjuk kepada pembaca mengenai isi makalah (bayangkan seandainya anda akan mencari sebuah makalah mengenai topik tersebut menggunakan mesin pencari: kata-kata apa yang akan Anda tulis sebagai kata kunci untuk mencari makalah tersebut?). Jangan menuliskan terlalu banyak kata kunci. Jumlah yang diperkenankan pada jurnal Ta’limDiniyah adalah maksimal lima kata kunci.

Bagian Pendahuluan harus dapat menjelaskan latar belakang permasalahan yang akan diselesaikan dan landasan teori yang mendasari penulisan sebuah artikel. Bagian metode penelitian menjelaskan tentang metode yang digunakan peneliti dalam artikel Bagian kesimpulan merangkum hasil-hasil yang telah dicapai. Daftar Pustaka memuat buku atau artikel yang dirujuk pada artikel penulis. Jangan memasukkan judul buku atau artikel yang tidak secara langsung dirujuk dalam artikel penulis.

Jika dirasa perlu, dapat ditambahkan bagian “Ucapan Terima Kasih” (“Acknowledgement”) yang diletakkan setelah Kesimpulan dan sebelum Daftar Pustaka. Ucapan terima kasih hanya dibutuhkan jika penelitian yang dituliskan dalam makalah dibiayai oleh lembaga tertentu.

GAYA BAHASA

Suatu artikel ilmiah bertujuan untuk menyampaikan suatu ide, teori atau solusi suatu permasalahan ilmiah kepada para pembaca secara jelas, lugas dan tidak ambigu. Untuk itu, gunakanlah gaya bahasa yang sesingkat dan sesederhana mungkin. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang. Kalimat yang terlalu panjang sebaiknya dipecah menjadi dua (atau lebih) kalimat yang lebih pendek. Hindarkan penulisan hal-hal yang tidak berhubungan langsung dengan masalah yang sedang dibahas, meskipun dalam bentuk footnote (Jurnal Ta’limdiniyah tidak memperkenankan penggunaan footnote).

Penulisan makalah pada Jurnal Ta’limDiniyah dapat dilakukan dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Jika makalah ditulis dalam bahasa Indonesia, usahakan menggunakan istilah-istilah dalam bahasa Indonesia (misalnya, bati dan bukan gain). Jika suatu istilah belum memiliki padanan dalam bahasa Indonesia, tuliskan istilah tersebut dalam bahasa Inggris dengan cetak miring.

TABEL DAN GAMBAR

Tabel dan gambar diletakkan pada baris tersendiri dan centered. Pastikan bahwa tabel dan gambar tersebut dapat dimengerti dengan baik. Jadi, pastikan bahwa ukuran huruf pada tabel atau gambar serta resolusi gambar cukup tinggi. Keterangan gambar diletakkan di bawah gambar. Keterangan tabel diletakkan di atas tabel. Masing-masing gambar dan tabel diberi nomor (misalnya Gambar 1, Gambar 2, . . . , atau Tabel 1, Tabel 2, . . . ).

Jika diperlukan untuk merujuk ke sebuah tabel atau gambar pada artikel, gunakan bentuk seperti Gambar 2 atau Tabel 3. Kata “Gambar” dan “Tabel” diawali huruf kapital, meskipun berada di tengah kalimat.

RUJUKAN

Rujukan (citation) digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu bagian tertentu pada artikel Anda berasal dari pendapat, ide dan/atau tulisan orang lain. Rujukan hendaknya diambil dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan kata lain, hindarkan penggunaan rujukan yang berasal dari sumber seperti Wikipedia.

PENULISAN DAFTAR PUSTAKA

Penulisan daftar pustaka yang digunakan pada jurnal Ta’limDiniyah didasari bentuk yang ditetapkan oleh IEEE. Bentuk penulisan masing-masing sumber pustaka tergantung dari jenis pustaka yang digunakan. Daftar pustaka pada Jurnal Ta’limDiniyah ditulis berdasarkan urutan abjad.

DAFTAR PUSTAKA

FTEK, Pedoman Penulisan Skripsi 2012, Salatiga: Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer, Universitas Kristen Satya Wacana, 2012.

IEEE, IEEE Editorial style manual [Online], http://www.ieee.org/documents/ stylemanual.pdf, diakses tanggal 19 Juli 2012.

  1. Guiggiani, L.F. Mori, “Suggestions on how not to mishandle mathematical formula,” TUGboat, vol. 29, no.2, h. 255 – 263, 2008.

SPIE, Preparing a manuscript [Online], http://spie.org/x85020.xml, diakses tanggal 19 Juli 2012.