Aktualisasi Peningkatan Mutu Pembelajaran Tematik Pada Madrasah Melalui Penggunaan Media Digital

Authors

  • Didik Mardianto Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.129

Keywords:

Madrasah Ibtidaiyah, Media Digital, Pembelajaran Tematik

Abstract

Penggunaan media digital dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah menjadi fokus penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana media digital digunakan dalam konteks pembelajaran tematik, serta dampaknya terhadap kualitas pembelajaran dan pemahaman konsep siswa. Melalui pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, dan survei kepada siswa. Penggunaan media digital dalam pembelajaran Tematik di kelas tiga MIN 3 Jember dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan terdiri dari satu pertemuan tiap siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta tahap refleksi. Dalam Pembelajaran Tematik Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas tiga MIN 3 Jember pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa komponen. Guru adalah salah satu komponen terpenting sebagai pengelola dan pelaksana pembelajaran. Pada siklus I skor yang diperoleh dari aktivitas pelaksanaan pembelajaran adalah 3,52 dengan kategori “baik” dan mencapai persentase 70,05%. Namun ada beberapa aspek yang masih mendapatkan skor cukup. Pada siklus II diperoleh hasil rata – rata skor 2,88 dengan persentase 89,07 % untuk penilaian psikomotorik dan skor rata – rata 2,95 dengan persentase 91,55 % untuk penilaian afektif.

Downloads

Published

2024-04-09

How to Cite

Didik Mardianto. (2024). Aktualisasi Peningkatan Mutu Pembelajaran Tematik Pada Madrasah Melalui Penggunaan Media Digital. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 400-408. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.129

Issue

Section

Article