Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning

Authors

  • Erni Novianita Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.126

Keywords:

Akidah Akhlak, Cooperative Learning, Prestasi Belajar

Abstract

Prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak merupakan hal yang penting dalam pembentukan karakter dan moralitas siswa. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar tersebut, penggunaan metode pembelajaran menjadi perhatian utama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas metode pembelajaran Cooperative Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode Cooperative Learning menekankan pada kerjasama antarsiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, sehingga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep serta pengalaman belajar yang lebih menyeluruh. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember pada mata pelajaran Akidah Akhlak melalui pendekatan Penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Metode penelitain yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Cooperative Learning secara signifikan meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Implikasi penelitian ini mendukung penggunaan metode Cooperative Learning sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak

Downloads

Published

2024-04-09

How to Cite

Novianita, E. . (2024). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 336-349. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.126

Issue

Section

Article