Mengaplikasikan Metode Pembelajaran Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • Nanang Setiawan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.124

Keywords:

Demonstrasi, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran yang efektif merupakan kunci utama dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam konteks ini, metode pembelajaran demonstrasi telah menjadi perhatian karena potensinya dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta melakukan Tindakan efektivitas penerapan metode pembelajaran demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember pada mata Pelajaran Fiqih. Melalui pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang sistematis, penelitian ini menganalisis interaksi guru-siswa, penggunaan media pendukung, dan strategi evaluasi dalam konteks penerapan metode tersebut. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang potensi dan batasan metode pembelajaran demonstrasi dalam mendukung proses pembelajaran yang efektif. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan relevan dengan kebutuhan pendidikan saat ini. Hasil dari penelitian adalah penggunaan metode demontrasi pada mata pelajaran Fiqih yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember.

Downloads

Published

2024-04-09

How to Cite

Nanang Setiawan. (2024). Mengaplikasikan Metode Pembelajaran Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 315-327. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.124

Issue

Section

Article