Ekspedisi Penanaman Nilai Islam Moderat Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Alfiah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.123

Keywords:

Ekspedisi, Islam Moderat, Penanaman Nilai, Siswa Madrasah

Abstract

Ekspedisi Penanaman Nilai Islam Moderat pada siswa Madrasah Ibtidaiyah adalah suatu program pendidikan yang bertujuan untuk membekali siswa dengan pemahaman yang lebih mendalam mengenai nilai-nilai Islam moderat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penanaman nilai Islam Moderat dalam membentuk pemahaman, sikap, dan perilaku siswa terkait dengan Islam moderat. Penelitian ini dilaksaakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen. Data dianalisis menggunakan Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ekspedisi Penanaman Nilai Islam Moderat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang Islam moderat serta mempengaruhi sikap dan perilaku mereka secara positif. Internalisasi nilai-nilai dasar Islam Moderat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember sudah menjadi kewajiban bagi semua anggota sekolah, hal ini karena Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember sebagai Lembaga pendidkan berbasic Islam. Penanaman Islam Moderat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember terintegrasi dengan Pendidikan karakter  yang mencakup kepada semua anggota sekolah baik pendidik maupun peserta didiknya sehingga terbentuk akhlakul karimah dan tercipta situasi yang harmoni. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa program semacam itu dapat menjadi model yang bermanfaat dalam upaya pendidikan nilai-nilai Islam moderat di Madrasah Ibtidaiyah, dengan potensi untuk memperkuat identitas keislaman siswa sambil membuka diri terhadap nilai-nilai moderat dan toleransi dalam masyarakat yang semakin kompleks.

Downloads

Published

2024-04-09

How to Cite

Alfiah. (2024). Ekspedisi Penanaman Nilai Islam Moderat Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 374-380. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.123

Issue

Section

Article