Pengembangan Inovasi E-Education Di Rasmisart School Songkhla, Thailand

Authors

  • Nurul Anam iai al-qodiri
  • Rofiatul Istiqomah IAI Al-Qodiri Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i1.91

Keywords:

Pengembangan, Inovasi E-Education

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan: 1) pengembangan inovasi e-education dilakukan di Rasmisart School Songkhla dilatarbelakangi untuk mempermudah proses berlangsungnya kegiatan belajar dan mengajar dan guru termotivasi untuk  pengembangan inovasi e-education; 2) Proses pengembangan inovasi e-education tersebut dilakukan dengan sistematis, yaitu: a) guru selalu melakukan perencanaan pengembangan pembuatan media berbasis IT agar media berbasis IT dapat dimanfaatkan atau digunakan dengan maksimal; b) pengembangan inovasi e-education telah menghasilkan berbagai produk media pembelajaran berbasis IT seperti gambar, foto, video dokumenter, video pembelajaran, animasi dan lain-lain; c) guru melakukan proses evaluasi penggunaan hasil produk pengembangan inovasi e-education tersebut; dan 3) di dalam pengembangan inovasi e-education ini terdapat faktor pendukung dan penghambat. Pertama, faktor pendukungnya adalah adanya dorongan dari kepala sekolah, kebutuhan penggunaan media berbasis IT untuk mempermudahkan proses pembelajaran dan guru selalu memperhatikan kondisi siswa yang membutuhkan sesuatu media pembelajaran berbasis sebagai perantara dalam kegiatan pembelajaran. Kedua, faktor penghambatnya adalah guru masih jarang dilibatkan dalam proses pembautan media berbasis IT dan guru selalu menghadapi banyak kesibukan dan mereka jarang mengikuti seminar pembuat media berbasis IT, sehingga hal ini membuat guru kurang memahami dalam pembuatan media berbasis IT.

Additional Files

Published

2023-10-30

How to Cite

Anam, N., & Istiqomah, R. . (2023). Pengembangan Inovasi E-Education Di Rasmisart School Songkhla, Thailand. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(1), 102-111. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i1.91

Issue

Section

Article