Modernisasi Pendidikan Islam (Tinjauan Filosofis tentang Modernisasi Pendidikan Pesantren)

Authors

  • Moh. Ulum Universitas Nurul Jadid Paiton Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.53515/tdjpai.v1i1.8

Abstract

Eksistensi pendidikan Islam yang mengorientasikan terhadap penanaman aqidah yang benar untuk diaktualisasikan dalam berinteraksi, baik dalam interaksi dengan Allah SWT dan ataupun dengan sesama makhlukNya. Corak khas pendidikan Islam tampak melekat dari ciri filosofis dan teologisnya yang syarat dengan ajaran Al-Qur’an dan Al-Hadits. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam diisyaratkan sebagai lembaga yang mampu mencetak generasi bangsa yang tafakkuh fi al-Din dan perkembangan-perkembangan sosio-kultural masyarakat makro. Maka, dalam rangka mencapai tujuan tersebut, diperlukan langkah konkret pesantren dalam berbagai aspeknya.

            Pesantren sebagai lembaga pendidian Islam selalu melakukan inovasi dalam upaya modernisasi pendidikan Islam. Langkah modernisasi pendidikan Islam pesantren dilakukan secara terus menerus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan zaman. Orientasi pendidikan pesatren saat ini bukan hanya penanaman pada nilai-nilai pemahaman IMTAQ saja, namun disisi lain pendidikan pesantren mewadahkan akan pemahaman terhadap IPTEK yang menjadi kebutuhan dan tuntutan masyarakat.

Kata kunci: Modernisasi, Modernisasi Pendidikan Islam, Modernisasi Pesantren.

 

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Moh. Ulum. (2020). Modernisasi Pendidikan Islam (Tinjauan Filosofis tentang Modernisasi Pendidikan Pesantren). Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(1), 98-109. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v1i1.8

Issue

Section

Artikel