Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Maesan

Authors

  • M. Nur Baitullah Akbar Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember
  • Fikri Farikhin Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/tdjpai.v1i1.5

Abstract

Di saat orang tua tidak dapat secara penuh memberikan pendidikan keagamaan terhadap anak, maka tidak ada salahnya jika orang tua memberikan amanah kepada madrasah untuk memberikan pendidikan terhadap anak-anaknya. Fokus penelitian di dalam artikel penelitian ini adalalah permasalahan dalam ini adalah bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan akhlakul karimah di SMPN 03 Maesan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview, observasi, dan dokumenter. Analisis data menggunakan deskriptif reflektif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah  peran guru pendidikan agama Islam di SMPN 03 Maesan meliputi pemberian materi pendidikan aqidah, pendidikan syariah dan pendidikan akhlak. Ketiga materi pendidikan agama Islam ini selalu diberikan dengan baik sehingga siswa telah memahami dan mengaplikasikan pokok-pokok yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pembinaan akhlakul karimah terhadap siswa SMPN 03 Maesan yang dilaksanakan sebagaimana yang ditemukan adalah meliputi : (1) Hablum minallah (akhlak kepada Allah), (2) Hablum minnnas (akhlak kepada manusia) dan (3) Hablum minal alam (akhlak kepada lingkungan).

Key Word: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah Siswa.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

M. Nur Baitullah Akbar, & Fikri Farikhin. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Maesan . Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(1), 57-73. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v1i1.5

Issue

Section

Artikel