Eskalasi Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyyah Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw
DOI:
https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.136Keywords:
Hasil Belajar, Jigsaw, Madrasah IbtidaiyyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eskalasi hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah melalui metode pembelajaran kooperatif Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan di MIS.Miftahul Ulum 02 Ajung. Berdasarkan hasil observasi, masih banyak yang harus diperbaiki dalam pemberian tindakan. Sehingga untuk memperbaiki siklus I dengan berbagai kelemahan dan mempertahankan keberhasilan yang telah dicapai maka pada siklus II perlu dibuat pengembangan perencanaan pemberian tindakan berdasarkan hasil refleksi siklus I. Peningkatan hasil belajar yang telah didapat dari proses pembelajaran menggunakan kooperatif jigsaw adalah sebagai berikut dengan perincian nilai rata-rata pretest I, 67,4, pretes II rata-ratanya 75,7. Postest I rata-ratanya 85,2, postest II rata-ratanya 87,7. Penelitian ini memberikan implikasi bagi praktik pembelajaran di MI. Guru MI perlu menerapkan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw dalam pembelajarannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ta'limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.