Upaya Meningkatkan Literasi Berhitung Siswa Madrasah Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.134Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Literasi BerhitungAbstract
Guru berperan dalam menciptakan iklim belajar yang memungkinkan siswa dapat belajar secara nyaman. Melalui pengelolaan kelas yang baik guru dapat menjaga kelas agar tetap kondusif untuk terjadinya proses belajar seluruh siswa. Peran seorang guru pada pengelolaan kelas sangat penting khususnya dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. Dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional pasal 39 dijelaskan bahwa guru sebagai tenaga kependidikan bertugas melaksanakan tugas administasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. Metode pembelajarannyapun yang digunakan harus bervariatif, agar siswa mampu menyerap materi dan tidak cepat bosan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk penelitian Tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes prestasi belajar, dan lembar observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reflektif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafiiyah Jember. Penerapan metode Problem Based Learning dalam meningkatkan literasi berhitung dikatakan berhasil. Karena, pembelajaran berbasis masalah dapat melatih dan mengembangkan kemampuan Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafiiyah Jember dalam menentukan dan memecahkan masalah. Data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dan menjawab tes tulis pada siklus 1 masih belum memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Setelah diadakan siklus 2, hasil belajar siswa membaik, dibuktikan dari grafik tersebut terjadi kenaikan sebanyak 25% yaitu dari 55% menjadi 80%.