Aktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Pada Madrasah Ibtidaiyyah

Authors

  • Haryono Haryono MI Darul Ibad Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.132

Keywords:

Aktualisasi, Madrasah Ibtidaiyyah, Pendidikan Karakter, Proses Pembelajaran

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak.  Orang yang berkarakter adalah orang yang dapat merespon segala situasi secara bermoral dan dimanifestasikan dalam bentuk tindakan nyata melalui tingkah laku yang baik. Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pendidikan di Indonesia. Madrasah Ibtidaiyyah (MI) sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran penting dalam aktualisasi pendidikan karakter pada peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktualisasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung dilakukan melalui berbagai pendekatan, antara lain: integrasi nilai-nilai karakter dalam kurikulum dan pembelajaran, penanaman nilai-nilai karakter melalui keteladanan, pembiasaan nilai-nilai karakter melalui kegiatan sekolah, dan pengembangan budaya sekolah yang berkarakter.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Haryono, H. (2024). Aktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Pada Madrasah Ibtidaiyyah. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 428-441. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.132

Issue

Section

Article