Aktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Pada Madrasah Ibtidaiyyah
DOI:
https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.132Keywords:
Aktualisasi, Madrasah Ibtidaiyyah, Pendidikan Karakter, Proses PembelajaranAbstract
Pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Orang yang berkarakter adalah orang yang dapat merespon segala situasi secara bermoral dan dimanifestasikan dalam bentuk tindakan nyata melalui tingkah laku yang baik. Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pendidikan di Indonesia. Madrasah Ibtidaiyyah (MI) sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran penting dalam aktualisasi pendidikan karakter pada peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktualisasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung dilakukan melalui berbagai pendekatan, antara lain: integrasi nilai-nilai karakter dalam kurikulum dan pembelajaran, penanaman nilai-nilai karakter melalui keteladanan, pembiasaan nilai-nilai karakter melalui kegiatan sekolah, dan pengembangan budaya sekolah yang berkarakter.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ta'limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.