Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Akselerasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Authors

  • Lilik Supriyani MIMU Wirowongso Ajung

DOI:

https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.131

Keywords:

Metode Demonstrasi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Abstract

Metode Demonstrasi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan prestasi belajar dalam membaca huruf-huruf hijaiyah melalui instrumen berupa test di awal pelajaran, di akhir pembelajaran juga diperoleh melalui lembar observasi. Berangkat dari fenomena diatas, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an terutama dalam mempraktikkan bacaan ayat-ayat Al Qur’an yang baik dan benar sesuai dengan tuntunan ilmu tajwid. Metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya ataupun tiruan yang sering disertai dengan penjelasan lisan. Metode demonstrasi adalah metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi, baik sebenarnya maupun tiruan.Teknik demonstrasi dapat dibagi dua yaitu teknik demonstrasi proses dan teknik demonstrasi hasil. Teknik demonstrasi proses digunakan untuk menunjukkan atau memperagakan suatu proses atau rangkaian langkahlangkah kegiatan. Proses mencakup antara lain pembuatan, gerakan, dan kefungsian. Proses pembuatan mencakup langkah-langkah kegiatan dalam membuat ukiran, lukisan, perabot, pakaian dan lain sebagainya. Proses gerakan mencakup gerakan benda seperti bekerjanya piston kendaraan bermotor sewaktu mesin dihidupkan. Proses kefungsian mencakup rangkaian kegiatan dalam merencanakan suatu kegiatan, melaksanakan langkah-langkah yang telah ditetapkan dalam suatu program, dan lain sebagainya. Teknik demonstrasi hasil digunakan untuk memperlihatkan atau memperagakan hasil dari suatu kegiatan (proses) seperti barang kerajinan yang bernilai seni, makanan yang bergizi, model pakaian baru, hasil panen yang lebih baik dan rencana kegiatan.

Downloads

Published

2024-04-09

How to Cite

Supriyani, L. (2024). Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Akselerasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 409-419. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.131

Issue

Section

Article