Eksplorasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa

Authors

  • Wardatuzzubaidah Wardatuzzubaidah MI Miftahul Ulum 02 Klompangan Ajung

DOI:

https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.130

Keywords:

Keterampilan Bahasa, Madrasah, Media Pembelajaran Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media pembelajaran digital dalam meningkatkan keterampilan berbahasa. Dengan kemajuan teknologi, penggunaan media digital dalam pendidikan semakin menjadi sorotan, terutama dalam konteks pembelajaran bahasa. Penelitian ini termasuk penelitian Tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah penggunaan lembar observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reflektif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Ajung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital memberikan dampak positif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa, terutama dalam aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Siswa menunjukkan minat yang tinggi dan motivasi dalam pembelajaran melalui media digital, serta mampu mengakses sumber belajar secara mandiri dan meningkatkan keterampilan teknologi peserta didik. Namun, tantangan seperti aksesibilitas teknologi, pelatihan guru, dan penyesuaian dengan kebutuhan siswa tetap menjadi perhatian. Implikasi dari penelitian ini menyoroti pentingnya integrasi media pembelajaran digital yang efektif dan relevan dalam pembelajaran di Madrasah, serta peran yang penting dari dukungan yang komprehensif dalam mewujudkannya.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Wardatuzzubaidah, W. (2024). Eksplorasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 420-427. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.130

Issue

Section

Article