Rekatulisasi Etika Guru Dalam Pembelajaran PAI Perspektif KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adâbul‘Âlim Wa Al Muta’allim Fî Mâ Yahtâju Ilaihi Al-Muta’allim

Authors

  • Fathor Rahman IAI Al-Qodiri Jember
  • Achmad Muhlis IAI Al-Qodiri Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/tdjpai.v1i2.13

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena fakta dilapangan masih ditemukan guru yang inkonsisten dalalm kode etik profesinya. Padahal seorang guru adalah seseorang yang digugu lan ditiru. Artinya, pribadi guru selayaknya menjadi tauladan, baik perkaataan atapun perbuatannya bagi peserta didik khususnya. Untuk memenuhi tuntutan kualitas etika guru, KH. Hasyim Asy’ari melalui karyanya “kitab Adâbul‘Âlim Wa Al Muta’allim Fî Mâ Yahtâju Ilaihi Al- Muta’allim dapat dijadikan wawasan pemikiran pemikiran untuk guru dalam menjalani profesinya.

Oleh karena itu, maka fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana konsep etika guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam perspektif  K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adâbul‘Âlim Wa Al Muta’allim Fî Mâ Yahtâju Ilaihi Al-Muta’allim ? (2) Bagaimana dampak etika guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mendeskripsikan konsep etika guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Perspektif KH Hasyim Asy’ari dalam kitab Adâbul‘Âlim Wa Al Muta’allim Fî Mâ Yahtâju Ilaihi Al- Muta’allim (2) Untuk mendeskripsikan Implikasi etika guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Dalam rangka reaktualisasi konsep KH. Hasyim Asyari, library research menjadi metode dalam penelitia. Data-data sepenuhnya bersuber kepada kepustakaan yang kemudian dianalisis dengan metode content analysis.

Kesimpulan penelitian adalah  (1) Etika guru menurut KH. Hasyim, yaitu bersikap muraqabah kepada Allah, sakinah, sebagai penasehat dan pembimbing, melaksanakan syariat Islam, memanfaatkan waktu luang untuk beribadah dan menyusun karya tulis, tidak menjadiakan ilmu media mencari tujuan duniawi, mendahulukan materi yang penting serta mengajar dengan memperhatiakan karakteristik dari masing-masing peserta didiknya, menyayangi semua murid dan memperbaiki niat untuk mencari ridha Allah. (2) Implikasi etika guru menurut KH.Hasyim Asy’ari dalam pembelajaran PAI, yaitu memiliki sifat keikhlasan, Qanaah, mulazamah untuk khusyuk, berperilaku wira’i, sederhana, tawadhu’, berperilaku kasih saying, sabar, memanfaatkan waktu dengan baik, menghindari hal-hal yang maksiat dan mampu introspeksi diri.

Kata Kunci: Etka guru; pendidikan agama Islam; Adâbul‘Âlim Wa Al Muta’allim Fî Mâ Yahtâju Ilaihi Al-Muta’allim.

Downloads

Published

2021-04-19

How to Cite

Rahman, F., & Muhlis, A. . (2021). Rekatulisasi Etika Guru Dalam Pembelajaran PAI Perspektif KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adâbul‘Âlim Wa Al Muta’allim Fî Mâ Yahtâju Ilaihi Al-Muta’allim. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 110-128. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v1i2.13

Issue

Section

Artikel