Aktualisasi Peningkatan Mutu Pembelajaran Tematik Pada Madrasah Melalui Penggunaan Media Digital
DOI:
https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.129Keywords:
Madrasah Ibtidaiyah, Media Digital, Pembelajaran TematikAbstract
Penggunaan media digital dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah menjadi fokus penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana media digital digunakan dalam konteks pembelajaran tematik, serta dampaknya terhadap kualitas pembelajaran dan pemahaman konsep siswa. Melalui pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, dan survei kepada siswa. Penggunaan media digital dalam pembelajaran Tematik di kelas tiga MIN 3 Jember dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan terdiri dari satu pertemuan tiap siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta tahap refleksi. Dalam Pembelajaran Tematik Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas tiga MIN 3 Jember pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa komponen. Guru adalah salah satu komponen terpenting sebagai pengelola dan pelaksana pembelajaran. Pada siklus I skor yang diperoleh dari aktivitas pelaksanaan pembelajaran adalah 3,52 dengan kategori “baik” dan mencapai persentase 70,05%. Namun ada beberapa aspek yang masih mendapatkan skor cukup. Pada siklus II diperoleh hasil rata – rata skor 2,88 dengan persentase 89,07 % untuk penilaian psikomotorik dan skor rata – rata 2,95 dengan persentase 91,55 % untuk penilaian afektif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ta'limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.