Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning

Authors

  • Erni Novianita Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.126

Keywords:

Cooperative Learning, Prestasi Belajar, Siswa Madrasah

Abstract

Prestasi belajar siswa Madrasah merupakan hal yang penting dalam pembentukan karakter dan moralitas siswa. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar tersebut, penggunaan metode pembelajaran menjadi perhatian utama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas metode pembelajaran Cooperative Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Madrasah. Metode Cooperative Learning menekankan pada kerjasama antarsiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, sehingga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep serta pengalaman belajar yang lebih menyeluruh. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember pada siswa Madrasah melalui pendekatan Penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Cooperative Learning secara signifikan meningkatkan prestasi belajar siswa Madrasah. Implikasi penelitian ini mendukung penggunaan metode Cooperative Learning sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa Madrasah.

Downloads

Published

2024-04-09

How to Cite

Novianita, E. . (2024). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 336-349. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.126

Issue

Section

Article