Upaya Reflektif Peningkatan Hasil Belajar Qur’an Hadist Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.121Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Qur’an HadistAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merefleksi sekaligus melaksanakan Tindakan terkait dengan efektivitas Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar Qur'an Hadist di kalangan siswa. Qur'an Hadist merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dalam pendidikan agama Islam, namun seringkali dihadapi oleh guru dengan tantangan dalam memfasilitasi pemahaman dan keterlibatan siswa. Melalui pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, penelitian ini akan melakukan penelitian sekaligus tindakan mendalam terhadap penerapan PBL dalam pembelajaran Qur'an Hadist. Data akan dikumpulkan melalui pengamatan kelas, wawancara, analisis dokumen, dan refleksi. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Qur’an Hadist dengan tes lisan mengalami peningkatan sebesar 33% yaitu dari 57% menjadi 90%. Sedangkan tes tulis juga mengalami peningkatan sebanyak 37% yaitu dari 48% menjadi 85%. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang efektivitas PBL dalam konteks pembelajaran agama, khususnya Qur'an Hadist. Temuan ini diharapkan dapat menjadi sumbangan yang berharga bagi pengembangan praktik pembelajaran agama yang inovatif dan reflektif, serta memberikan panduan bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.