Implementasi Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Authors

  • Fifin Andriyani MIN 3 Jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.120

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Sejarah Kebudayaan Islam, Strategi Pembelajaran

Abstract

Pendidikan agama, terutama dalam konteks pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, memegang peran penting dalam membentuk pemahaman, nilai-nilai, dan praktik keagamaan siswa. Namun, tantangan muncul dalam menyampaikan materi agama yang relevan dan bermakna bagi kehidupan siswa. Salah satu pendekatan yang diusulkan untuk mengatasi tantangan ini adalah Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa dan relevan dengan konteks kehidupan mereka. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Melalui pendekatan penelitian Tindakan kelas, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana guru mengimplementasi strategi CTL dalam pengajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan analisis dokumen pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengaktualisasikan CTL (Contextual Teaching and Learning), maka pembelajaran akan terasa lebih mudah dan dapat memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa yang akhirnya diperoleh peningkatan pada hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian di atas dapat dibuktikan bahwa melalui metode CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dampak dari implementasi CTL terlihat dalam peningkatan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, serta penerapan nilai-nilai agama dalam kehidupan siswa.

Downloads

Published

2024-04-09

How to Cite

Andriyani, F. . (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 288-295. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.120

Issue

Section

Article