Internalisasi Nilai Moderasi Beragama dalam Pengembangan Karakter Pancasila pada Siswa Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.118Keywords:
Internalisasi Nilai, Moderasi Beragama, Karakter PancasilaAbstract
Pendidikan karakter memegang peranan penting dalam pembangunan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Dalam konteks Madrasah Aliyah (MA), pendidikan karakter Pancasila menjadi fokus utama dalam membentuk siswa yang berakhlak mulia dan berkarakter luhur. Salah satu nilai yang menjadi kunci dalam pembentukan karakter Pancasila adalah nilai moderasi, yang mencakup sikap tengah, toleransi, dan keadilan dalam berbagai aspek kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya internalisasi nilai moderasi dalam pengembangan karakter Pancasila pada siswa Madrasah Aliyah. Melalui pendekatan holistik dan terintegrasi, Madrasah Aliyah memberikan kesempatan bagi siswa untuk memahami dan menginternalisasikan nilai moderasi dalam tindakan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 02 Jember dengan focus penelitiannya adalah proses internalisasi nilai moderasi beragama dalam pengembangan karakter pancasila pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 02 Jember. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dengan Teknik pengumpulan datanya adalah interview, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah proses internalisasi dimulai dengan pemahaman nilai-nilai yang ingin ditanamkan. Ini melibatkan penyampaian konsep nilai dengan jelas kepada siswa, sehingga mereka dapat memahami esensi dan relevansinya dalam berbagai konteks kehidupan. Sehingga menjadi perilaku yang postif dengan dibuktikannya akhlakul karimah yang ditunjukkan oleh siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 02 Jember. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam proses internalisasi nilai ini yakni antara lain: kegiatan kajian Islami, pembinaan yang dilakukan oleh guru BK, peraturan sekolah, kegiatan pengabdian Masyarakat, dan kegiatan ekstrakurikuler.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ta'limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.