Makna Shalawat Bagi Mantan Preman: Studi Pada Komunitas Pecinta Shalawat Di Kabupaten Jember

Authors

  • Ahmad Rosidi iai al qodiri jember

DOI:

https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i1.103

Keywords:

Makna Shalawat, Pecinta Sholawat, Premanisme

Abstract

Kegiatan kelompok spritual pada saat ini menjadi populer di kalangan masyarakat, salah satunya kegiatan spritual jam’ah Shalawat Nariyah. Dalam melakukan kegiatan tersebut seseorang pasti mempunyai dorongan untuk melakukanya seperti halnya pada masyarakat di Kabubaten Jember Jawa Timur. Mereka antusias mengikuti kegiatan Shalawat Nariyah karena ada faktor pendorong, yang mana dorongan tersebut bisa dari dalam maupaun dorongan dari luar, dorongan tersebut merupakan penyemangat hidup dan merupakan suatu motivasi untuk menjadi lebih baik. Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan motivasi masyarakat Jember Jawa Timur dalam mengikuti Shalawat Nariyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Kehadiran peneliti disini merupakan instrumen kunci. Lokasi penelitian ini di Kabubaten Jember Jawa Timur. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ternyata motivasi “lillahi ta’ala” dalam beribadah sudah banyak digantikan oleh motivasi yang bersifat materialis seperti mengikuti kegiatan majelis Sholawat karena ingin Usahanya Lancar, mencari wasilah melalui Air, Ingin dicap sebagai orang yang rajin dan Lain-lain.

Additional Files

Published

2023-10-30

How to Cite

Rosidi, A. (2023). Makna Shalawat Bagi Mantan Preman: Studi Pada Komunitas Pecinta Shalawat Di Kabupaten Jember. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(1), 226-232. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i1.103

Issue

Section

Artikel